Workshop Penjaminan Mutu Internal Bagi Perguruan Tinggi di Lingkungan Wilayah LLDIKTI VII TA. 2023 Angkatan II


Malang – Universitas Kahuripan Kediri menghadiri undangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui LLDIKTI Wilayah VII tentang  Workshop Penjaminan Mutu Internal bagi Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII. Tujuan workshop ini adalah untuk meningkatkan fasilitas layanan dan pemantauan implementasi Standar Nasional Pendidikan Tinggi di perguruan tinggi melalui Aplikasi Pelaporan Sistem Penjaminan Mutu Internal. Adapun perwakilan dari Universitas Kahuripan Kediri yang menghadiri workshop dari Direktorat Perencanaan, Pengembangan dan Penjaminan Mutu (DP3M) Universitas Kahuripan Kediri.

Workshop Penjaminan Mutu Internal bagi Perguruan Tinggi yang diadakan secara tatap muka dengan peserta wajib mematuhi protokol kesehatan, termasuk menunjukkan vaksinasi COVID-19 minimal dosis ke 2 atau hasil negatif tes swab antigen yang masih berlaku saat workshop berlangsung. Acara workshop dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2023 bertempat di Institut Teknologi Nasional Malang (ITN) Kampus II, Jl. Raya Karanglo KM 2, Malang.

Pelaporan Sistemn Penjaminan Mutu Internal  (SPMI) merupakan bagian yang penting dalam menjaga mutu pendidikan tinggi, dan data implementasi SPMI di perguruan tinggi juga digunakan untuk kepentingan akreditasi serta pada program Rekognisi Pembelajaran Lampau. Workshop ini bertujuan untuk memberikan penjelasan teknis tentang pelaporan SPMI melalui laman web resmi https://spmi.kemdikbud.go.id serta memperkenalkan dan menjelaskan dokumen-dokumen pendukung SPMI.

Hasil yang diharapkan dari workshop ini adalah agar peruguruan tinggi mampu menjalankan SPMI dengan siklus PPEPP yang sesuai atau bahkan melebihi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan standar yang ditetapkan oleh perguruan tinggi itu sendiri.  Selain itu, diharapkan perguruan tinggi dapat melaporkan implementasi SPMI melalui laman web https://spmi.kemdikbud.go.id. Adapun materi Workshop Penjaminan Mutu Internal bagi Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII yaitu :

  1. Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti)
  2. Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
  3. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal
  4. Dokumen SPMI
  5. Pengenalan Laman SPMI Dan Identifikasi Dokumen

Hasil dari Workshop Penjaminan Mutu Internal ini akan digunakan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi dan memberikan masukan yang berharga bagi Universitas Kahuripan Kediri dalam mewujudkan budaya mutu di lingkungan perguruan tinggi.